Album Arc Yellow - Mammals


Arc Yellow: Mammals

Download :

Saya akan berbohong jika mengatakan bahwa saya memahami tema-tema lagu dalam album "Mammals (2012)" milik Arc Yellow. Sejujurnya, 10 nomor yang semua liriknya berbahasa Inggris ini menimbulkan pertanyaan mendalam di kepala saya: mereka bicara soal apa?

Lirik lagu, setidaknya menurut ukuran selera bermusik saya, adalah bagian yang sangat penting dari sebuah lagu. Kita bisa berdebat soal enak tidaknya aransemen lagu-lagu Bob Dylan maupun Iwan Fals. Namun tidak pernah muncul satu perdebatan pun yang mengemukakan keraguan akan kekuatan lirik kedua icon folk berbeda negara dan era itu.

Lalu bagaimana dengan musiknya?

Jika kamu adalah fans Nirvana, Radiohead, dan barangkali Sonic Youth, "Mammals" kemungkinan besar bisa kamu nikmati.

Dalam halaman Facebook-nya, Arc Yellow menulis bahwa preferensi musik mereka adalah alternative rock dan noise. Dan dalam album ini, kita bisa menemukan banyak sekali noise, terutama di divisi gitar.

Yang paling menarik, masih dari halaman Facebook mereka, adalah pernyataan bahwa mereka memang berakar pada alternative rock era '90-an, namun mereka ingin melangkah lebih jauh dan menemukan jati diri bermusiknya sendiri. Ini, menurut saya, adalah visi yang baik. Pemikiran dan keberanian melangkah kearah yang berbeda seperti inilah yang bisa membawa kemajuan. Jika berhasil, tentu saja.

"Expensive", meski terdengar sangat Nirvana dan sama sekali tidak jelas tema lagunya (saya menduga lagu ini bercerita tentang cewek yang jual mahal), adalah nomor yang enak sekali untuk dinikmati. Saya membayangkan asyiknya meloncat bersama, menyanyikan lagu ini yang dimainkan di panggung grunge yang membara.

Dua nomor paling solid di album ini, menurut saya, adalah "Feeling Good" dan "Story of A Gun". Keduanya dilengkapi dengan riff pembuka yang asyik, chorus yang enak, dan porsi gitar solo lumayan manis yang tidak berlebihan.

Dalam "Mammals", Arc Yellow sudah membuktikan bahwa mereka memang melangkah kearah yang berbeda. Membuka ranting baru dari alternative rock yang belakangan mulai naik daun lagi di negeri ini.

 

Related Posts:

0 Response to "Album Arc Yellow - Mammals"